Bupati dan Wabup Maros Jadi Pembina Majelis Keturunan Tomanurung

Majelis Keturunan Tomanurung Silaturahmi Adat di Rumah Jabatan Bupati Maros

Pengurus Daerah Majelis Keturunan Tomanurung (MKT) Kabupaten Maros melakukan silaturahmi adat menjelang Ramadan.

Acara ini dilaksanakan di rumah jabatan Bupati Maros di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, pada Senin 12  April 2021.

Silaturrahmi ini dirangkaikan dengan penetapan Dewan Pembina Pengurus Daerah MKT Maros, yaitu Bupati Maros, H.A.S Chaidir Syam dan Wakil Bupati Maros, Hj Suhartina Bohari.

Juga penetapan Dewan Kehormatan MKT Maros yang merupakan dua putra daerah Maros, sekaligus legislator DPRD Sulsel, yakni Andi Muhammad Irfan AB dan Muzayyin Arif.

Acara ini dihadiri pendiri dan penasehat Majelis Keturunan Tomanurung, Datu Suppa XXX, Yang Mulia Hj Andi Bau Dala Uleng Bau Massepe Sultanah Badriah dan Ketua Agung Pengurus Pusat MKT Sulawesi Selatan, Arung Timurung, Yang Mulia Andi Pamadengrukka Mappanyompa.

Juga hadir pengurus MKT Sulsel, para Arung, Karaeng serta Pemangku Adat dari Gowa, Selayar, Turatea, Bone dan lainnya.

Turut hadir dalam acara ini, Karaeng Marusu, Yang Mulia Andi Abdul Waris Karaeng Sioja selaku Ketua Dewan Penasihat MKT Maros.

Yang Mulia Ketua MKT Maros, Andi Fachry Makkasau Karaeng Ngunjung menyampaikan terima kasih kepada Bupati Maros yang telah menunjukkan kecintaan dan kepeduliannya terhadap pelestarian adat dan budaya di Kabupaten Maros.

“Hal ini dibuktikan dengan dukungan fasilitas rumah jabatan Bupati Maros sebagai tempat gelaran silaturahmi adat MKT Maros,” ujarnya, dalam keterangan media, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, Bupati Maros dan Wakil Bupati Maros merupakan representasi dari seluruh kerajaan di Kabupaten Maros.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros, M Ferdiansyah telah menunjukkan dukungannya terhadap acara silaturrahmi adat MKT Maros ini dan akan menjadikannya sebagai agenda tahunan.

Dalam acara ini dilakukan penyematan pin dan piagam Majelis Keturunan Tomanurung kepada Chaidir Syam, Suhartina Bohari, Ny Hj Ulfiah Chaidir, Andi Muhammad Irfan AB, Muzayyin Arif dan M Ferdiansyah. (*)