Bupati Maros Resmikan Wisata Hutan Pinus Talatala Tompobulu

Wisata Hutan Pinus Talatala Tompobulu Maros

Bupati Maros, H.A.S Chaidir Syam meresmikan destinasi wisata baru Hutan Pinus Talatala Desa Bontomanai Kecamatan Tompubulu Kabupaten Maros, Senin (12/4/2021).

Dalam acara ini, Chaidir Syam didampingi Anggota DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB.

Chaidir Syam mengatakan, dari beberapa hutan pinus di Tompubulu, hutan pinus Talatala merupakan kawasan hutan dengan luas kurang lebih 50 hektare.

“Hutan Pinus Talatala menyajikan pemandangan alam yang indah, karena deretan pohon pinus berdiri tertata rapi. Selain itu kawasan ini memberikan udara sejuk dan segar,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa hutan pinus ini merupakan destinasi wisata di Maros yang harus dijaga dan dilestarikan agar dapat menarik para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk berkunjung.

“Semoga dengan hadirnya hutan pinus ini mendapatkan manfaat positif bagi masyarakat sekitar. Bagaimana tata cara masyarakat dalam mengelolahnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Bontomanai, Abdul Haris mengatakan, wisata pinus di Dusun Talatala ini memiliki daya tarik tersendiri karena berada tepat di atas puncak gunung.

“Wisata pinus ini juga akan berdekatan dengan lokasi perencanaan pembanguna Sekolah Polisi Negara atau SPN Polda Sulsel,” katanya.

Ia bersyukur dengan adanya wisata ini, dapat membawa keberkahan bagi masyarakat dengan memanfaatkan lokasi di sekitar wisata dengan menjual makanan, minuman, aksesoris dan usaha lainnya.

“Sebagai pemerintah desa, kami mendukung dan mengapresiasi Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis dan masyarakat yang telah ikut merawat dan membersihkan lokasi wisata pinus ini, dengan penuh semangat gotong royong dan kerja keras, mereka menggunakan alat seadanya,” jelasnya.

Pihaknya berharap kepada masyarakat dan seluruh pihak agar wisata ini dapat berkembang dan semakin banyak yang tertarik untuk berkunjung.

“Sebab wisata ini telah menjadi primadona dan akan berkembang ketika kita mampu untuk menjaga dan melestarikannya,” tambahnya.

Diperkirakan untuk menempuh perjalanan menuju ke hutan pinus tersebut, dari Kota Makassar sekitar kurang lebih satu jam. (*)