Ribuan Vaksin Covid-19 Tiba di Gudang Farmasi Maros

Pemkab Maros

Sekitar 3.000 vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Maros tiba di gudang farmasi Maros, Selasa (12/1/2020).

Kabupaten Maros menjadi satu dari tiga daerah di Sulsel yang masuk prioritas dalam distribusi vaksin.

“Maros menjadi kabupaten pertama yang kami kirimkan hari ini. Rencananya Gowa dan Makassar akan menyusul. Ini tahap awal, Maros dan Gowa merupakan kabupaten penyangga kota Makassar, makanya dianggap perlu cepat dilakukan vaksinasi,” jelas Ketua Tim Vaksin Covid-19 Sulsel, dr Nurul AR seusai menyerahkan vaksin ke Dinas Kesehatan Maros.

Dia menerangkan, vaksinasi serentak di seluruh Indonesia rencananya dimulai 14 Januari. Dia berharap, seluruh Forkopimda dan unsur pimpinan di Maros, Makassar, dan Gowa ikut menerima vaksin.

Sementara, Hatta Rahman yang menerima langsung vaksin Covid-19 ini menuturkan, pihaknya siap untuk divaksin.

Dia menjelaskan, vaksin ini merupakan salah satu langkah pemerintah pusat untuk memutus mata rantai Covid-19. Rencananya 10 orang unsur pimpinan dan Forkopimda Maros akan divaksin perdana.

“Jadwalnya kita akan mengikuti vaksin serentak di 14 Januari mendatang. 10 unsur pimpinan di Maros, dan selebihnya ada tenaga kesehatan sekitar 15 orang. Selanjutnya nanti dilakukan secara bertahap di instansi mereka sendiri,” ujarnya.

Puskesmas Lau akan menjadi tempat pelaksanaan vaksin pertama kali.

Di puskesma ini juga telah dilaksanakan simulasi vaksinasi Covid-19. Simulasi digelar sebagai persiapan penyelenggaraan vaksinasi serentak di Kabupaten Maros. (*)