Bupati dan Wabup Maros Buka Pembelajaran Tatap Muka di Lima Sekolah

Pemkab Maros

Pemerintah Kabupaten Maros membuka pembelajaran tatap muka untuk lima sekolah.

Bertepatan dengan hari Kartini, Bupati Maros, HA Chaidir Syam dan Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari membuka pembelajaran tatap muka tahap awal di lima sekolah dari total 314 sekolah.

Pembukaan secara simbolis dilaksanakan di lapangan SMPN 40 Satap Langkeang Mattirodeceng Lau Maros, Rabu (21/4/2021).

Chaidir Syam menyampaikan bahwa sekolah yang dibuka hari ini, seluruh guru ataupun staf telah melakukan vaksinasi. Semoga ditahap ini tidak membuka klaster baru.

“Semoga dari pengawasan beberapa pihak pelaksana, pembelajaran tatap muka tahap awal dapat berhasil. Jika berhasil pada tahap awal ini maka selanjutnya akan dibuka sekolah-sekolah yang lain. Meskipun begitu pemerintah kabupaten Maros tidak memaksakan sekolah untuk segera melakukan pembelajaran tatap muka, tetap harus melewati tahapan ketat untuk memenuhi 25 persyaratan,” ujarnya.

Ia kembali mengingatkan untuk setiap guru, staff dan pihak yang terkait untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Jika dalam pelaksanaannya terdapat pihak yang terinfeksi Covid, pembelajaran tatap muka akan dihentikan.

“Dalam pelaksanaan tatap muka, protokol kesehatan tetap diberlakukan dengan ketat. Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, siswa diwajibkan pakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta diukur suhu tubuhnya. Siswa yang demam juga tidak dipaksakan untuk hadir dalam pembelajaran tatap muka,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Maros, H Takdir menjelaskan, pembelajaran tatap muka ini dilaksanakan setelah melalui musyawarah dengan Satgas Covid-19, Forkopimda, dan instansi terkait.

Sebelum pembukaan pembelajaran tatap muka, telah difokuskan sosialisasi di 25 sekolah yang jauh dari kota. Berdasarkan pertimbangan dari Dinas Kesehatan dan 25 persyaratan untuk dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka hanya 5 sekolah yang dinilai memenuhi syarat.

“Pada waktu yang bersamaan ada lima sekolah yang dibuka untuk pembelajaran tatap muka, yakni SD 107 Langkeang, SMPN 40 Satap Langkeang, SDN 65 Malaka, TKN 10 Kuncup Mekar dan TKS Pertiwi Camba,” paparnya.

Ia kembali menegaskan, meskipun hanya lima sekolah yang dibuka hari ini, secara bertahap jika ada sekolah yang telah menuhi 25 persyaratan pembelajaran tatap muka maka akan diberikan rekomendasi dari Dinas Pendidikan. (*)