Kemenag Maros Jamin Buku Nikah Tersedia hingga Akhir Tahun

Berita Maros

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros menjamin stok buku nikah aman hingga akhir tahun ini.

Berita Maros
“Karena saat ini tersisa 3 bulan lagi hingga akhir tahun, maka kita pastikan cukup sampai akhir tahun,” ujar Pejabat pengelola barang persediaan, Kemenag Maros, Mirsyad, Rabu (30/9/2020).

Dia mencontohkan, di KUA Mandai dan Turikale yang masing-masing stoknya sekitar 500 buku nikah. Sementara rata-rata setiap bulan melayani 40 sampai 50 pernikahan.

“Jadi untuk Kecamatan Mandai dan Turikale itu kebutuhannya 300 buku nikah, sementara stok buku nikah masing-masing 500,” jelasnya.

Meski itu ia mengaku, ada beberapa KUA yang stok buku nikah hanya 100 lembar saja, seperti di Kecamatan Mallawa. Namun itu dibarengi dengan peristiwa nikah yang jumlahnya sedikit.

“Pernikahan di Kecamatan Mallawa maksimal hanya 10 per bulan. Jadi bisa dibilang masih aman,” jelasnya.

Selain memeriksa dan memastikan fisik buku nikah sesuai dengan laporan KUA, tim juga melakukan pembinaan kepada staf KUA agar pengelolaan dan pencatatan nikah lebih tertib.

“Kami juga melakukan pembinaan ke staf KUA dalam pengelolaan dan pencatatan nikah yang lebih tertib. Biar data itu bisa lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu Humas Kemenag Maros, Dalfa mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 jumlah pernikahan di Kabupaten Maros mengalami penurunan.

“Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, maka tahun ini menurun dari periode Januari sampai Juni,” ucapnya.

Berdasarkan data yang ada, untuk angka pernikahan terhitung Januari hingga Juni 2019 tercatat sebanyak 1.279 pasang, isbat 19 dan nikah di kantor sebanyak 24 pasang.

Sementara untuk Januari sampai Juni 2020 tercatat jumlah warga yang melakukan pernikahan 730 pasang, isbat 46 dan nikah di kantor 100 pasang. (*)

Author: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *