Bupati Maros: Perangkat Daerah Mesti Menyadari Pentingnya Arsip

Bupati Maros, HM Hatta Rahman meminta perangkat daerah, kelurahan dan desa di Kabupaten Maros agar menyadari pentingnya arsip.

Bupati Maros: Perangkat Daerah Mesti Menyadari Pentingnya Arsip
Hal itu disampaikannya dalam Bimbingan Teknis Kearsipan Lingkup Perangkat Daerah, Desa dan Kelurahan Maros yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros di Baruga A Kantor Bupati Maros.

“Selama ini kearsipan dianggap bukan hal yang menarik, padahal arsip sangat penting. Tidak seperti di negara maju, mereka sadar pentingnya arsip. Di Amerika, dokumen 300 tahun lalu masih bisa dilihat,” ujarnya.

Karena menyadari pentinganya arsip, maka Maros telah miliki gedung arsip, yang belum ada di daerah lain di Sulsel.

“Kita menganggap arsip sangat penting, sebagai dokumen yang harus dijaga. Sebab arsip penting sebagai dokumen penting terutama yang terkait erat dengan kegiatan. Seperti saat terjadi banjir terjadi, banyak arsip rusak dan tidak bisa diselamatkan, padahal arsip-arsip itu terkait dengan kegiatan dan program yang telah dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah atau OPD,” jelasnya.

Ia menambahkan, menjadi kewajiban agar dokumen penting harus diarsipkan, misalnya dokumen soal kontrak kegiatan harus disimpan di gedung arsip. Seperti sertifikat hak milik Pemda mesti diarsipkan,
fotokopinya disimpan di gedung arsip. Sehingga jika aslinya hilang ada salinannya.

“Kegiatan ini untuk mendorong, memberi semangat agar kita peduli pada arsip. Sesuai Undang Undang Kearsipan,” tambahnya.

Rangkaian acara berlangsug lancar dari awal hingga akhir acara dengan menerapkan protokol kesehatan. Narasumer kegiatan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel dan lainnya.

Kegiatan ini berlangsung 2 hari, Senin dan Selasa (22/9/2020). (*)

Selanjutnya

Askab PSSI Maros Apresiasi Turnamen Mannan Cup

Sel Sep 22 , 2020
Pengurus Askab PSSI Maros terus mendorong pelaksanaan latihan dan kompetisi lokal yang digelar klub sepakbola dan sekolah sepakbola (SSB) yang ada di Maros. Seperti pelaksaan turnamen Mannan Cup I usia 40 yang diikuti 8 klub dari Maros, Pangkep dan Makassar. Pertandingan dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu sore selama 1 bulan. Setelah […]
Askab PSSI Maros Terus Dorong Kompetisi Turnamen Mannan Cup