Rumah Sehat BAZNAS Beri Bak Penampungan Air Bersih ke Warga Pannambungan Maros

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Maros bersama Rumah Sehat BAZNAS Makassar meluncurkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Senin (21/9/2020).

Rumah Sehat BAZNAS Salurkan Bak Penampungan Air Bersih di Pannambungan Maros
Peluncuran dilakukan di Dusun Pannambungan Desa Salenrang Kecamatan Bontoa dengan mengusung tema bersinergi mewujudkan masyarakat sehat sanitasi.

Program STBM meliputi pemberian bak penampungan air bersih, penyaluran air bersih dan pembuatan tempat sampah. Dalam kegiatan ini dilakukan pendistribusian bantuan tandong air atau bak penampungan air sebanyak 20 unit, termasuk suplai air bersih dari BAZNAS Maros.

Ketua BAZNAS Maros, H.A Said Patombingi mengatakan, program ini diharapkan berkelanjutan dengan membina desa ini agar sanitasinya meningkat dengan pola hidup sehat, sehingga terjadi transfomarsi dari kesan kurang sehat menjadi lebih sehat.

“Kita menggagas program yang menyentuh langsung masyarakat agar di setiap dusun dan desa ada unit pengumpul zakat agar bisa terjadi sirkulasi zakat yang baru, dari orang yang kaya ke orang miskin dan bisa memberdayakan kehidupan masyarakat, ini akan bersinergi, akan simultan,” ujarnya.

Selain itu, ada penyuluhan kesahatan sanitasi dan pembimbingan agar warga terbiasa hidup sehat, juga disediakan bak sampah.

“Program ini akan berkelanjut, karena air bersih terbatas di musim kemarau seperti ini dan kadang harga air lebih mahal dari harga beras, maka air bersih untuk kebutuhan warga disuplai dari luar lewat membelikan tangki air. Sementara Pak Desa ada program pipanisasi, Pak Dusun juga memprogramkan pipanisasi, jadi ini pas. Nanti pipanisasinya mengalirkan air pertiga jam, di saat air mengalir warga bisa menampunganya,” jelasnya.

BAZNAS Maros merancang program STBM ini akan dilaksanakan di desa lainnya sebagai bagian dari pemberdayaan zakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Asisten I Pemkab Maros, Andi Dainuri, yang hadir mewakili Bupati Maros, berharap BAZNAS terus dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menanggulangi permasalahan air bersih yang merupakan satu kendala masyarakat di Bontoa Maros. (*)

Selanjutnya

KUA-PPAS Maros 2021 Fokus Penanganan Dampak Covid-19

Sen Sep 21 , 2020
Pemkab dan DPRD Maros mensahkan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk tahun anggaran 2021. Pengesahan KUA-PPAS ini dilakukan dalam sidang paripurna di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Maros, Senin (21/9/2020). Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengatakan, dokumen KUA-PPAS ini telah dibahas oleh tim TAPAD Maros […]
Pemerintah dan DPRD Maros Sahkan KUA-PPAS 2021