BAZNAS Dampingi Mustahik Binaan Kembangkan Pertanian Keluarga di Maros

Pandemi Covid-19 membuat aktivitas sekolah terpaksa harus diliburkan untuk mencegah penyebaran penularan.

BAZNAS Dampingi Mustahik Binaan Kembangkan Pertanian Keluarga di Maros
Hal ini mengakibatkan pelaku usaha mikro yang biasa berjualan di lingkup sekolah terpaksa menghentikan aktivitas usahanya.

Seperti mitra BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Kabupaten Maros, Ratna yang biasa berjualan di kantin sekolah terpaksa harus menghentikan usahanya.

Meski begitu, Ratna tak berdiam diri dan berpasrah dengan keadaan. Idenya kemudian muncul untuk tetap produktif ketika berdiam di rumah.

Ratna memutuskan memanfaatkan pekarangan rumahnya menjadi sesuatu yang produktif dan dapat dijadikan sumber pendapatan. Melalui program pertanian keluarga atau family farming, Ratna menanam tanaman sayuran kangkung di pekarangan rumahnya.

Usaha Ratna untuk melakukan budidaya tanaman kangkung, kini sudah mulai membuahkan hasil. Setelah 21 hari masa tanam, ia melakukan panen perdana kangkung di pekarangan rumah yang ia sulap menjadi kebun mini.

Panen perdana tanaman kangkung ini dilakukan bersama pimpinan BAZNAS Maros, Ustadz Said Patombongi dan H Mager.

Manajer BMD Maros, Ismail yang mendampingi program family farming menceritakan hasil panen Ratna bukan hanya bisa dinikmati oleh keluarganya saja namun juga dinikmati oleh tetangga sekitar.

“Pada panen perdana kali ini satu bedeng sudah dibagikan kepada tetangga sekitar untuk dinikmati, masih ada lima bedeng lagi yang sudah siap dijemput tukang sayur,” ujarnya, Sabtu (12/9/2020).

Pada panen perdana ini, Ratna mendapatkan 240 ikat kangkung, ia merasa senang dan terbantu dengan adanya program family farming, hasil panen kali ini selain dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga, juga dapat menambah pendapatan keluarga.

“Selain dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga, juga dapat menambah keuangan karena terserap oleh pedagang sayur di pasar,” ungkapnya. (*)

Selanjutnya

Pilkada Maros: Unggahan ASN di Media Sosial Jadi Perhatian Bawaslu

Sab Sep 12 , 2020
Selama masa Pilkada, unggahan Aparatur Sipil Negara (ASN) di media sosial jadi perhatian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), terkait netralitas ASN. Saat ini Bawaslu Kabupaten Maros melaporkan satu ASN ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). ASN itu diduga melakukan pelanggaran netralitas ASN. Ketua Bawaslu Maros, Sufirman mengatakan, ASN tersebut diduga telah […]
Unggahan ASN Maros Dilaporkan ke KASN