Webinar Darul Istiqamah Maros Bahas Cara Mengajarkan Anak Taat kepada Allah

Parenting Academy Darul Istiqamah (PADI) Maros kembali mengadakan webinar, dengan menyiarkannya langsung di Facebook dan Youtube SPIDITV.

Webinar PADI Bahas Topik Mengajarkan Anak Taat kepada Allah
Kali ini membahas topik cara mengajarkan anak taat jepada Allah, yang disampaikan oleh Direktur Karantina Tahfizh Nasional dan Ketua Yayasan Pesantren Darul Istiqamah, Ustadz Muthahhir Arief Lc MPd. Webinar ini berlangsung Ahad 6 September 2020.

Dalam materinya, ia menyampaikan dua kiat mendidik anak sesuai petunjuk agama. Pertama metode pendidikan dengan memberi motivasi. Kedua metode pendidikan dengan memberi ancaman.

“Kita mendidik anak dengan contoh. Jauh sebelum anak bangun, kita telah bangun duluan melaksanakan qiyamul lail, lalu bermunajat kepada Allah. Sehingga Allah melihat keseriusan kita,” ujarnya, mengutip Facebook SPIDI Maros, Jumat (11/9/2020).

Ia juga menyampaikan bahwa orang tua mesti berkomitmen untuk memberi kepedulian dan pengayoman bagi anak-anak selama mereka masih hidup. Termasuk memastikan anak mendirikan shalat.

Ia membagikan kiat mengajak anak shalat, sebagaimana dicontohkan para ulama, dimulai dengan membangunkan anak dengan lembut dan penuh kasih sayang.

“Ada waktu anak tidak perlu ditarik atau dengan sentuhan fisik. Kita yakinkan anak bahwa malaikat akan mendoakan ketika shalat dan bermunajat di waktu qiyamul lail,” paparnya.

Di akhir webinar diadakan sesi diskusi, peserta virtual mengirimkan pertanyaan melalui kolom chat Youtube dan Facebook SPIDI. Pemilik akun Youtube Farrel menanyakan, bagaimana ikhtiar yang baik jika kami berniat untuk menyekolahkan anak di luar, di mana secara lingkungan kurang kondusif untuk muslim atau muslimah,” tulisnya.

Pertanyaan tersebut Ustadz Muthahhir bahwa orang tua wajib memilihkan sekolah atau lingkungan yang baik untuk penanaman akidah dan keimanan anak.

“Memilih sekolah pun adalah dengan keikhlasan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Memastikan bahwa betul-betul melihat keputusan ini adalah untuk meyelamatkan iman dan akidah anak kita,” ungkapnya. (*)

Selanjutnya

BAZNAS Dampingi Mustahik Binaan Kembangkan Pertanian Keluarga di Maros

Sab Sep 12 , 2020
Pandemi Covid-19 membuat aktivitas sekolah terpaksa harus diliburkan untuk mencegah penyebaran penularan. Hal ini mengakibatkan pelaku usaha mikro yang biasa berjualan di lingkup sekolah terpaksa menghentikan aktivitas usahanya. Seperti mitra BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Kabupaten Maros, Ratna yang biasa berjualan di kantin sekolah terpaksa harus menghentikan usahanya. Meski begitu, Ratna […]
BAZNAS Dampingi Mustahik Binaan Kembangkan Pertanian Keluarga di Maros