Pemkab Maros Siapkan 36 Sapi dan 700 Kupon Daging Kurban

Pemerintah Kabupaten Maros telah mengumpulkan 36 sapi kurban untuk disembelih pada perayaan Iduladha 1441 H yang diperkirakan jatuh pada 31 Juli 2020.

Pemkab Maros Siapkan 700 Kupon Daging Kurban untuk Warga Kurang Mampu
Kepala Bagian Kesra Setda Maros, Najib mengatakan, ke 36 hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Dinas serta 14 camat di lingkup Pemkab Maros.

“Dari 36 ekor hewan kurban disediakan pemerintah merupakan sumbangan dari Bupati Maros dua ekor, Wakil Bupati Maros, Sekda Maros, seluruh OPD, serta 14 kantor kecamatan menyumbangkan 2 ekor, ” ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Berdasarkan surat edaran Bupati Maros, HM Hatta Rahman, maka tahun ini penyembelihan hewan kurban akan dipusatkan di UPTD Pusat Kesehatan Hewan di Desa Minasabaji Kecamatan Bantimurung.

“Seluruh hewan kurban dari OPD, akan dikumpulkan di Puskeswan. Nanti di sana dilakukan pemotongan hewan kurban, dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi ini,” jelasnya.

Hewan kurban tersebut akan disembelih seusai pelaksanaan salat Idul Adha. Akan dibagikan kupon bagi warga yang membutuhkan untuk mendapatkan jatah pembagian hewan kurban.

“Kita menyediakan sekitar 700 kupon, yang akan dibagikan kepada warga kurang mampu dan yang membutuhkan,” terangnya

Sebelummya, Bupati Maros, HM Hatta Rahman dalam surat edaran menuliskan, usia hewan kurban minimal berusia 2 tahun, hewan yang akan dikurbankan harus sehat dan tidak cacat fisik.

Sapi kurban diterima panitia kurban, hari Rabu 29 Juli sampai dengan Kamis 30 Juli 2020.

Sekedar diketahui, tahun ini jumlah hewan kurban mengalami penurunan bila dibandingkan tahun lalu. Pada tahun 2019, jumlah hewan kurban mencapai 40 ekor. Namun tahun ini hanya sekitar 36 ekor saja. (*)

Selanjutnya

Surat Edaran Bupati Maros: Salat Idul Adha Dilaksanakan di Masjid dengan Memperhatikan Protokol Covid-19

Kam Jul 30 , 2020
Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengeluarkan Surat Edaran tentang pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 Hijriah. Surat edaran ini berisi tiga poin, tentang teknis penyelenggaraan salat Idul Adha di Kabupaten Maros, dengan memperhatikan protokol Covid-19. Poin pertama, Salat Idul adha hukumnya sunnah muakkad, artinya sunnah yang dianjurkan. Kedua, berhubung saat ini […]
Surat Edaran Bupati Maros: Salat Idul Adha Dilaksanakan di Masjid