Muzayyin Arif Pimpin Kunjungan DPRD Sulsel Pantau Uji Spesimen Covid-19 di BBVet Maros

Sejak Mei lalu, Balai Besar Veteriner (BBVet) Maros sudah melakukan uji sampel Covid-19.

Muzayyin Arif Pimpin Kunjungan DPRD Sulsel Pantau Uji Spesimen Covid-19 di BBVet Maros
Untuk melihat uji sampel tersebut, DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI tersebut.

Kunjungan Komisi E DPRD Sulsel yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arif ini berlangsung selama dua hari di balai yang memiliki fasilitas Bio Safety Laboratorium Level-2 (BSL-2) dan tersertifikasi SNI ISO/IEC 17025.

Muzayyin Arif menyampaikan dukungan dan apresiasi DPRD Sulsel atas pelaksanaan pemeriksaan spesimen Covid-19.

Serta akan menindaklanjuti beberapa potensi yang dapat diusulkan dan dikembangkan guna meningkatkan kinerja BBVet Maros, seperti penambahan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan percepatan pelaksanaan uji Covid-19.

“Apa yang menjadi catatan kami selama kunjungan dua hari ini akan kami tindaklanjuti dalam rapat bersama pemerintah provinsi maupun dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel,” ujarnya, Rabu (22/7/2020).

Anggota Komisi E DPRD Sulsel, A Muh Irfan AB juga menyampaikan apresiasinya atas prestasi dan totalitas kerja BBVet Maros, bahkan sampai malam dan hari libur kerja demi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kami apresiasi dan salut buat Kementerian Pertanian yang sudah turut serta melibatkan Balai Veteriner di seluruh Indonesia, khususnya BBVet Maros turut melakukan pengujian Covid-19,” ungkapnya.

Kepala BBVet Maros, Risman Mangidi mengungkapkan, selama 2 hari, yaitu Selasa dan Rabu, 7-8 Juli, BBVet Maros mendapatkan kunjungan Komisi E DPRD Sulsel untuk melihat langsung pelaksanaan pemeriksaan spesimen.

Serta menggali informasi terkait hambatan atau kendala yang ada dalam percepatan proses penerimaan spesimen sampai pada penyampaian hasil uji

“Kami memaparkan perkembangan status pelaksanaan pemeriksaan spesimen Covid-19, misalnya per 8 Juli 2020 secara kumulatif spesimen terperiksa sebanyak 2.014, dari 14 Puskesmas, 9 RSUD dan 3 Dinas Kesehatan, yakni Maros, Pangkep dan Barru,” paparnya.

Dia berharap, kedepan stakeholder yang memiliki tugas pokok dan fungsi sama dengan BBVet Maros dalam melaksanakan penyidikan, pengujian veteriner dan pengembangan teknik dan metoda penyidikan dan pengujian veteriner dapat bersinergi bersama.

“Harapan kami DPRD Sulsel dapat mengawal dan bersinergi dengan BBVet Maros dalam melakukan public awareness ke masyarakat untuk memahami pentingnya kesehatan hewan khususnya yang berdampak pada manusia atau zoonosis maupun sebaliknya. Kami harapkan pula DPRD Sulsel dapat memberikan prioritas anggaran di bidang kesehatan hewan dinas provinsi maupun dinas kabupaten yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Yanvet sekaligus sebagai Ketua Tim Covid-19 BBVet Maros, Drh Muflihanah turut menjelaskan terkait proses penerimaan spesimen sampai pada tahap pelaporan hasil uji, proses Running RT-PCR bisa 2 sampai 3 kali sehari disesuaikan dengan jumlah spesimen yang diterima dari faskes dengan maksimal 93 spesimen selama 3 sampai 5 jam sekali running (proses penerimaan sampel, ektraksi RNA dan penambahan RNA).

“Adapun lama proses penerimaan hingga pelaporan hasil uji dapat dilakukan sehari dengan memulai proses uji PCR jam 10 pagi dan pelaporan dilakukan pada malam hari antara pukul 20.00 sampai 22.00,” jelasnya, seperti dilansir dari sulselonline.com. (*)

Selanjutnya

Disbudpar Maros dan LP2M UNM Kerjasama Tanggap Covid-19 Sektor Pariwisata

Rab Jul 22 , 2020
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Maros melakukan kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM). Hal ini ditandai dengan penandatangan kerjasama oleh Kepala Disbudpar Maros, Muh Ferdiansyah dengan pihak LP2M UNM yang diwakili Dr Widya Karmila Sari Achmad. Muh Ferdiansyah menyampaikan, kerjasama ini untuk […]
Disbudpar Maros Kerjasama Tanggap Covid-19 Sektor Pariwisata dengan LP2M UNM