Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan Pilkada Maros Dilakukan Sampai Kuburan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros saat ini sedang melakukan verifikasi faktual untuk dukungan calon perseorangan dalam Pilkada Maros 2020.

Unik, Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan Pilkada Maros Dilakukan di Kuburan
Verifikasi faktual ini dilakukan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maros.

Uniknya, pengecekan dilakukan hingga di pemakaman. Hal ini sebagai upaya memastikan kebenaran data dukungan calon perseorangan.

Juga terkait adanya laporan bahwa data dalam daftar dukungan yang terdaftar sudah meninggal dunia.

“Ini dilakukan PPS dan diawasi oleh Panwas di Desa Puca Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Pendukung yang terdaftar di B.1.1 KWK menurut pihak keluarga sudah meninggal dunia sejak 2018. Sehingga verifikator KPU bersama Panwas memastikan kebenaran nama dari pendukung yang sudah meninggal,” ujar Ketua Bawaslu Maros, Sufirman, Selasa (7/7/2020).

Dia melanjutkan bahwa dari hasil verifikasi tersebut, diketahui bahwa yang bersangkutan ternyata memang sudah meninggal.

“Iya sudah meninggal, dari hasil verifikasi kami,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Maros, Syamsu Rizal menjelaskan jika hal ini dilakukan untuk memastikan tentang dukungan yang memenuhi syarat dan tidak.

“Kami melakukan verifikasi faktual untuk memastikan kebenaran dukungan calon perseorangan, apakah sudah memenuhi syarat atau tidak,” tuturnya.(*)

Selanjutnya

Semua Kecamatan di Maros Sudah Terjangkit Covid-19

Sel Jul 7 , 2020
Gugus Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 Kabupaten Maros, merilis data terbaru, disebutkan ada satu warga asal Kecamatan Cenrana dinyatakan positif Covid-19. “Ada satu pasien asal Cenrana yang terkonfirmasi positif. Perempuan usia 51 tahun, saat ini sedang dirawat di RS Wahidin Sudirhusodo Makassar,” ujar Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 […]
Semua Kecamatan di Maros Sudah Terjangkit Covid-19