Polres Maros Bentuk 14 Balla Ewako untuk Tekan Penyebaran Covid-19

Balla Ewako merupakan program unggulan Polda Sulsel dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Balla Ewako diterapakan Polres jajaran, termasuk Polres Maros.

14 Balla Ewako Tersebar di Maros untuk Tekan Penyebaran Covid-19, Tanralili Dapat Perhatian Khusus
Polres Maros telah menjalankan program tersebut di 14 kecamatan, dengan melibatkan semua unsur, pemerintah setempat dan TNI.

Balla Ewako bertujuan sebagai pusat informasi dan administrasi untuk pendataan warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon mengatakan, Balla Ewako dibentuk di tingkat desa dan kecamatan.

Warga harus menerapakan protokol kesehatan Covid-19 dalam kesehariannya, agar mereka terbiasa melakukan upaya pencegahan agar tidak terpapar virus.

“Warga akan memasuki tatanan kehidupan baru atau yang lebih familiar dengan sebutan new normal. Mereka harus terbiasa memakai masker, hidup bersih dan sehat, mencuci tangan setelah aktivitas dan menghindari kerumunan,” ujarnya, Kamis (25/6/2020).

Pihaknya berharap agar di Balla Ewako tersedia dapur umum yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum warga yang menjalani isolasi mandiri.

Pos pengamanan juga disiagakan, termasuk tersedianya lumbung pangan dan pos kesehatan.

“Jadi mereka memang benar-benar dilatih untuk mandiri dalam segala hal, pemerintah sebatas memfasilitasi sarana prasarana yang dibutuhkan,” jelasnya.

Saat ini sudah dibentuk 14 posko Balla Ewako di Kabupaten Maros. Di Posko Balla Ewako relawan dilatih penanganan dan pelayanan yang sesuai dengan standar Covid-19.

Serta difasilitasi dengan sarana pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat, seperti budidaya ikan lele, kebun sayuran hidroponik dan jamur.

“Diharapkan setiap ada permasalahan di desa dikerjakan bersama-sama atau gotong royong,” tambahnya.

Penanganan Covid-19 harus melibatkan kerjasama antara pemerintah kelurahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta warga.

“Dengan adanya Balla Ewako, bisa menyelesaikan permasalahan dengan mandiri. Kami berkeyakinan Program Balla Ewako ini mampu tekan penyebaran Covid-19,” paparnya. (*)

Selanjutnya

Baznas Beri Santunan ke Keluarga 2 Anak Lumpuh di Bontoa Maros

Jum Jun 26 , 2020
Baznas Maros memberikan santunan kepada keluarga kurang mampu di Desa Pajukukang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Bantuan diserahkan Wakil Ketua II Baznas Maros, H Mager bersama Kabag Pendistribusian Baznas Maros, Ainy Hutajulu. Keluarga kurang mampu ini mempunyai 2 orang anak yang memiliki kondisi fisik tidak normal sejak lahir. Keduanya tidak bisa […]
Baznas Maros Beri Santunan ke Keluarga Kurang Mampu di Bontoa