Warga Cenrana Baru Maros Dirikan Tiang Bambu untuk Dapat Jaringan Internet

Warga Dusun Malaka Desa Cenrana Baru Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros, mendirikan tiang bambu untuk mendapatkan jaringan internet.

Di Cenrana Baru Maros, Warga Dirikan Tiang Bambu Untuk Dapatkan Jaringan Internet
Warga masing-masing membuat tiang bambu untuk mencari jaringan internet dengan wifi yang diikat di ujung tiang.

Jauhnya menara pemancar jaringan internet dan telepon ditambah letak Desa Cenrana Baru di ketinggian membuat jaringan telpon dan internet sangat susah. Bahkan untuk sekedar menelpon, warga harus ke desa tetangga yang berjarak 5 km untuk mendapatkan jaringan yang baik untuk menelpon.

Kepala Desa Cenrana Baru, H.A Zaenal mengatakan, susahnya jaringan internet dan telepon di desanya membuat seringkali pekerjaan kantor terbengkalai.

Apalagi saat sekarang ini yang serba online, ditambah keadaan saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 warga dibatasi untuk bepergian,” ujarnya, melalui media, Selasa (19/5/2020).

Dia mengaku pernah mengajukan proposal permohonan pembangunan menara pemancar jaringan internet dan telepon kepada provider penyedia layanan telekomunikasi, namun sampai saat ini belum ada tanggapan.

“Banyak warga berusaha mencari jaringan internet dan telepon menggunakan wifi dengan cara wifi diikat di ujung bambu sebagai tiang dan mencari posisi sinyal, warga cukup senang jika mendapatkan jaringan walapun hanya sekedar untuk whatsapp saja,” jelasnya.

Kesulitan juga dialami para mahasiswa yang diliburkan karena pandemi Covid-19, namun mereka tetap harus belajar dan kuliah di rumah dengan cara online.

Seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta di Maros, Ikhzan mengatakan, susahnya jaringan internet memaksa dirinya harus ke desa tetangga yang berjarak 5 km.

“Dalam seminggu saya harus mengikuti kuliah online sebanyak empat kali, itupun terkadang saya terpaksa tidak ikut kuliah karena jaringan internet kurang bagus,” katanya.

Kesulitan itu juga dirasakan sekitar 2000 warga yang tersebar di empat dusun di Desa Cenrana Baru. Mereka sangat mengharap agar ada penyedia jaringan yang mau membangun menara pemancar jaringan internet dan telepon di desanya. (*)

Selanjutnya

Bupati Maros Kunjungi BBVet Pantau Uji Sampel Swab Covid-19

Sel Mei 19 , 2020
Bupati Maros, HM Hatta Rahman melakukan kunjungan ke Balai Besar Veteriner (BBVet) Maros. Kunjungan ini dilakukan terkait kesiapan BBVet Maros menguji sampel swab Covid-19. Kunjungan yang dilakukan Senin kamrin itu, diterima oleh Kepala BBVet Maros, Risman Mangidi. Dari kunjungan ini, BBVet telah siap menerima dan menguji sampel swab Covid-19 mulai […]
BBVet Maros Siap Uji Sampel Swab Pasien Covid-19