Dinas PPPA Maros: Kekerasan Seksual Anak Masih Marak Terjadi

Kekerasan seksual pada anak masih marak terjadi di Kabupaten Maros. Dalam dua tahun terakhir, kasus tersebut mendominasi kasus kekerasan terhadap anak.

Kekerasan Seksual Anak Masih Marak Terjadi di Maros

Pada tahun 2018, tercatat sebanyak 6 kasus dari 20 kasus di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Maros.

Kemudian, pada 2019 meningkat menjadi 8 kasus dari total 18 kasus. Sementara untuk tahun ini, sudah dilaporkan ada 4 kasus, dari Januari sampai April.

Kepala Dinas PPPA Maros, Idrus menyebutkan, dari 4 kasus tersebut, 3 diantaranya terjadi di Mandai. Kasus lainnya di Turikale.

“Rata-rata modusnya diancam dibunuh. Termasuk yang di Mandai baru-baru ini, bahkan ada juga kasus dengan ancaman bapaknya yang akan dibunuh,” ujarnya, mengutip media, Selasa (12/5/2020).

Rata-rata pelaku merupakan orang-orang terdekat anak dan kadang anggota rumah tangganya sendiri.

“Pelaku biasanya berasal dari kerabat terdekat, kakek, bapak tiri, bahkan bapak kandung,” ungkapnya.

Sehingga terkadang kasus kekerasan seksual pada anak tidak dilaporkan.

“Biasa kalau pelakunya keluarga inti, ibunya menolak melaporkan karena dianggap aib. Mungkin masih banyak kasus lain, hanya saja tidak ada yang melapor,” tambahnya.

Misalnya kasus yang belum lama ini terjadi di Kecamatan Mandai, pihak keluarga tidak ingin melaporkan, yang melaporkan justru RT setempat.

Idrus menyarankan pentingnya pendidikan reproduksi, untuk mengedukasi anak agar tahu bagian tubuhnya yang sifatnya privasi.

“Perlu memberikan edukasi ke anak-anak kalau ada bagian tubuh tertentu yang tidak bisa diperlihatkan, disentuh dan dipegang,” ungkapnya. (*)

Selanjutnya

Tim Irfan Peduli Kembali Salurkan Bantuan ke Warga Maros

Sel Mei 12 , 2020
Tim Irfan Peduli kembali bergerak menyalurkan bantuan di 200 titik bagi warga yang terkena dampak pandemi Covid-19. Bantuan ini disebar di Dapil Anggota DPRD Sulsel, Andi Muh Irfan AB. “Kami fokuskan untuk warga yang belum tersentuh bantuan pemerintah daerah, dari Maros sampai Parepare. Ini sudah beberapa kali disalurkan untuk masyarakat […]
Tim Irfan Peduli Kembali Salurkan Bantuan ke Warga Maros