Disdik Maros: Penerimaan Siswa Baru untuk SMP Dibuka Usai Lebaran

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Maros kemungkinan dibuka usai lebaran, pekan keempat Mei.

Penerimaan Peserta Didik Baru di Maros Dijadwalkan Dibuka Usai Lebaran

PPDB ini masih akan menggunakan dengan sistem manual. Meski Dinas Pendidikan (Disdik) Maros ingin melakukannya secara online, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini.

Namun tak semua daerah di Maros bisa terjangkau koneksi internet.

“Kita tidak lakukan model online, melihat kondisi sekolah dan geografis, di beberapa daerah ada yang sulit melakukannya,” ujar Kepala Disdik Maros, Takdir, Senin (11/5/2020).

Saat ini pihaknya sedang fokus mengurus penerimaan sistem zonasi. Apalagi kebijakan tahun ini berubah, kuotanya minimal 50 persen. Sisanya untuk kuota afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SD dan SMP Disdik Maros, Abdul Muis menjelaskan, tahun inj aturan zonasi berbeda dari sebelumnya.

Sebelumnya zonasi maksimal 90 persen. Artinya bisa kurang dari jumlah tersebut, dan tahun ini minimal 50 persen.

“Untuk tahun ini aturannga minimal 50 persen secara zonasi, dalam artian, sekolah bisa menerima 65 persen, 70 persen atau lebih. Jadi jika kuota zonasi tidak terpenuhi, sekolah baru bisa mengambil kebijkan afirmasi. kalau zonasi dan afirmasi tidak terpenuhi, baru ambil jalur perpindahan orang tua,” jelasnya.

Terkait acara kelulusan sekolah, pihaknya pun sudah menyurati tiap sekolah agar siswa hanya menerima ijazahnya lalu pulang, tidak diperbolehkan menggelar acara lain.

“Hanya langsung menerima ijazah atau tanda tamat belajar, tidak dibolehkan acara lain,” ungkapnya. (*)

Selanjutnya

Golkar Maros Bagikan 6 Ton Beras ke Warga Terdampak Covid-19

Sen Mei 11 , 2020
Partai Golkar Maros menyalurkan bahan makanan berupa beras, gula dan minyak goreng kepada warga di 14 kecamatan. Ketua Partai Golkar Maros, HA Patarai Amir menyampaikan, hal ini merupakan bentuk kepedulian Partai Golkar Maros terhadap penanganan Covid-19. Apalagi Maros sudah masuk zona merah. “Kami terpanggil untuk bahu-membahu membantu meringankan beban masyarakat […]
Golkar Maros Siapkan 6 Ton Beras untuk dibagikan ke warga