Ratusan Personel Kodim Maros Ikuti Rapid Test Covid-19

Ratusan anggota TNI Kodim 1422 Maros mengikuti rapid test yang dilaksanakan di markas Kodim Maros, Senin (4/5/2020).

Ratusan Personel Kodim Maros Rapid Test Covid-19

Komandan Kodim (Dadim) 1422 Maros Letkol Inf Farid Yudho Dwi Leksono mengatakan, kegiatan ini atas intruksi Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, agar seluruh Prajurit TNI dan PNS dijajaran Kodam XIV Hasanuddin melaksankan rapid test.

Pihaknya pun menitindaklanjuti hal tersebut dengan mengikutikan seluruh personil Kodim 1422 Maros, baik yang bertugas di staf maupun Pembina Desa (Babinsa) wajib melaksanakan rapid test sebagai pencegahan penyebaran coronavirus.

“Apalagi Babinsa Kodim 1422 Maros memiliki mobilisasi aktivitas yang selalu berhubungan dengan warga dan intensitasnya tinggi sehingga perlu melaksanakan rapid test. Virus ini sangat berbahaya dampaknya bagi yang terinfeksi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dengan keterbatasan sarana dan fasilitas dalam penanganan wabah, upaya-upaya pencegahaan sudah dilakukan pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kami dari Kodim telah bersinergi dengan Pemkab Maros melalui Gugus Tugas Covid-19, DPRD Maros, Kejaksaan Maros serta instansi lainnya dalam upaya pencegahan coronavirus. Babinsa Kodim 1422 Maros telah berperan aktif melaksanakan pencegahan Covid-19,” tambahnya.

Rapid test telah dilaksanakan kepada 220 personel. Gelombang kedua ini diikuti 146 orang dan personel Kodim 1422 Maros yang lain sudah melaksanakan pada hari Kamis lalu.

Dia mengatakan, jika nantinya hasil rapid test ini menyatakan positif maka dilanjutkan dengan tes swab.

“Bagi yang hasil rapid test positif kita minta untuk melakukan isolasi mandiri sambil dilakukan swab. Apabila hasil swab negatif, berarti hasil rapid testnya semu. Tapi jika hasil swabnya positif maka kita lanjutkan untuk dilakukan isolasi,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, pihaknya ingin semua Prajurit TNI dan PNS, DPRD Maros dan Kejaksaan Negeri Maros di bagian pelayanan, pejabat lingkup Pemkab Maros untuk melakukan tes guna mengetahui kondisi mereka.

“Alhamdulillah hasilnya semuanya negatif. Tapi ke depannya kita masih punya kerawanan-kerawanan lain. Karenanya semua anggota kita minta untuk tetap berhati-hati dan tetap mengikuti aturan yang ada. Kita tetap bisa membantu warga dan tim gugus tugas Covid-19 dan memberi pemahaman kepada masyarakat terkait virus ini bukan aib. Karenanya masyarakat harus jujur,” jelasnya.

Dandim 1422 Maros mengucapakan terima kasih kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maros, Dinas Kesehatan Maros dan seluru istansi atas kerjasamanya sehingga rapid test bisa telaksana dengan aman dan lancar.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kasdim 1422 Maros, Mayor Inf Basuki Rahmat, Perwira staf dan Danramil jajaran Kodim 1422 Maros.

Pelaksanaan rapid test ini bersinergi dengan DPRD Maros dan Kejaksaan Negeri Maros. (*)

Selanjutnya

Baru 15 Anggota DPRD Maros Ikut Rapid Test Covid-19

Sen Mei 4 , 2020
Anggota DPRD Maros melakukan rapid test Covid-19 di Markas Kodim 1422 Maros, Senin (4/5/2020). Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di lingkup DPRD Maros. Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir menyampaikan, untuk Anggota DPRD Maros yang mengikuti rapid test hari ini berjumlah 15 orang, dari 35 Anggota […]
Baru 15 Anggota DPRD Maros Ikut Rapid Test Covid-19