Bupati Maros Kembali Jelaskan Tentang Pengusulan PSBB

Kabupaten Maros diminta mengajukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyusul Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Bupati Maros Hatta Rahman Tentang Pengusulan PSBB

PSBB di tiga daerah ini dinilai bisa menekan angka penularan Covid-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menanggapi hal itu, Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengatakan, masih ingin melihat penerapan PSBB di Makassar dan Gowa.

“Kami masih lihat dulu bagaimana Makassar dengan Gowa menerapkan PSBB. Karena khawatirnya orang lebih takut tidak dapat sembako, daripada takut sama Covid-19. Sekarang kan kejadiannya seperti itu,” ujarnya, Selasa (28/4/2020).

Hal itu disampaikannya saat melakukan pemantauan Posko Penanganan Covid-19 Maros di batas kota jalan poros Maros – Makassar.

Ia mengatakan, menerapkan PSBB bukanlah hal yang mudah karena banyak faktor yang harus dipenuhi.

“Sekarang Gowa menunda PSBB, karena mereka harus menyiapkan minimal 200 ribu paket sembako sampai 300 ribu paket, jadi kalau cuma 60 ribu tidak akan cukup. Sementara di Maros harus menyiapkan minimal 110 ribu agar semua dapat, kalau kurang dari itu pasti masyarakat rebutan,” tambahnya.

Menurutnya saat ini pihaknya telah melakukan langkah-langkah PSBB, seperti melakukan pemeriksaan di semua daerah perbatasan Kabupaten Maros.

“Ini merupakan langkah-langkah PSBB yang kita lakukan, tapi tidak resmi, tidak minta izin lewat menteri. Karena kalau resmi harus menyiapkan sembako untuk seluruh penduduk di rumah-rumah. Bukan cuma yang zona merah, tapi semuanya. Kalau tidak terdata dengan baik, bisa rebutan nanti,” ungkapnya.

Bahkan menurutnya pemberlakukan PSBB di Makassar tidak efektif, hal itu karena masih padatnya kendaraan dari arah Makassar yang melintas di jalan poros Makassar-Maros.

“Kalau kita lihat PSBB Makassar tidak efektif, buktinya kendaraan masih padat. Kalau mau sekalian lockdown, tutup sekalian. Kalau begini kan tidak efektif,” tuturnya. (*)

Selanjutnya

Maros Sudah Terapkan Praktek PSBB Mulai Perketat Pintu Masuk

Rab Apr 29 , 2020
Bupati Maros, HM Hatta Rahman melakukan pemantauan Posko Penanganan Covid-19 Maros di batas kota jalan poros Maros – Makassar. Pemantauan dilakukan untuk melihat langsung perkembangan pembatasan kendaraan yang ingin masuk ke wilayah Maros dari arah Makassar, Selasa kemarin. Pemantauan dilakukan bersama, Ketua DPRD Maros, HA Pattarai Amir, Kapolres Maros, AKBP […]
Maros Sudah Terapkan Praktek PSBB Mulai Perketat Pintu Masuk