UMKM Maros Layak Diberi Kepercayaan Membuat APD

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arief menilai pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang konveksi layak diberi kepercayaan dalam membuat alat pelindung diri (APD).

UMKM Maros Layak Diberi Kepercayaan Membuat APD

Hal itu disampaikannya usia mengunjungi lokasi pembuatan APD yang diinisiasi oleh ibu-ibu di Bontokapetta II Kelurahan Alepolea Kecamatan Lau Kabupaten Maros, beberapa hari lalu.

Sebelumnya ibu-ibu ini membuat sekitar 1.000 masker untuk dibagikan ke masyarakat secara gratis.

“Saat saya tiba, ibu Hasrina, inisiator gerakan itu mengaku semua masker yang mereka buat itu swadaya masyarakat. Kini mereka menjahit alat pelindung diri (APD) sekitar 800 picis. Nantinya akan dibagi ke beberapa rumah sakit di Sulsel,” ujarnya, Sabtu (11/4/2020).

Menurutnya, di tengah pandemi Covid19, ancaman terbesar bagi setiap UMKM yakni gulung tikar.

“Makanya inilah saatnya pemeritah daerah berdayakan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di bidang konveksi. Membuat APD untuk kebutuhan penanganan Covid 19,” jelasnya.

Dinas Koperasi dan UMKM bisa terlibat mendampingi agar mereka mampu membuat APD sesuai standar WHO. Fasilitasi bahan kain berupa spunbond atau polypropylene spunbond untuk pembuatan APD kesehatan.

“saya dengar hingga hari ini, mereka masih ada yang pakai jas hujan. Subhanallah,” ucapnya.

Dia menyampaikan, yang diutamakan saat ini keselamatan para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya. Baik di puskesmas, rumah sakit daerah, maupun rumah sakit rujukan.

“Saya kira itu bisa. Beberapa pemerintah daerah di Jawa, Sumatera memfasilitasi UMKM lokal buat APD. Ini saatnya kita utamakan kemanusiaan,” paparnya.

Untuk diketahui, selain di Kelurahan Alepolea, pembuatan baju APD juga dilakukan di Kelurahan Soreang Kecamatan Lau Kabupaten Maros, yang diinisiasi oleh ibu-ibu kader PKK. (*)

Selanjutnya

Warga Maros Positif Covid-19 Jadi 18 Orang

Sab Apr 11 , 2020
Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid -19 Kabupaten Maros mengupdate data pantauan Covid-19, Sabtu (11/4/2020). Hari ini ada tambahan positif sebanyak 2 orang. Sebelumnya ada 16 orang, sehingga total warga Maros positif Covid-19 jadi 18 orang. Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Maros, dr Syarifuddin menyampaikan, data update yang […]
Warga Maros Positif Covid-19 Jadi 18 Orang