Irfan AB Usulkan Maros Jadi Proritas Rapid Test Covid-19

Jumlah penderita Covid-19 di Kabupaten Maros terus mengalami peningkatan. Saat ini, pasien positif sebanyak 16 orang, Pasien dalam Pemantauan (PDP) ada 11 orang dan Orang Dalam Pantauan (ODP) ada 123 orang.

Irfan AB Usulkan Maros Jadi Proritas Rapid Test Covid-19

Maros berada di urutan ke-3 setelah Makassar dan Gowa yang memiliki jumlah pasien positif terbanyak. Saat ini, Maros masuk sebagai daerah berstatus zona merah.

Kebanyakan warga yang positif terjangkit coronavirus berasal dari cluster umrah dan satu berasal transmisi lokal.

Anggota DPRD Sulsel, A Muh Irfan AB mendesak agar pemerintah melakukan test sebanyak mungkin orang yang punya indikasi Covid-19 dan yang telah melakukan kontak dengan cluster umrah.

“Berdasarkan kondisi ini, saya mengusulkan kepada Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan untuk memberi prioritas kepada warga Maros untuk dilakukan Rapid test dan PCR atau SWAB test,” ujarnya, Sabtu (11/4/2020).

PCR bisa dilakukan di Balitkes Kemenkes, Rumah Sakit Unhas Makassar dan Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar.

“Bahkan kalau bisa mengfungsikan Balai Besar Veteriner atau BBVet Kementan yang berada di Maros, kalau bisa dengan layanan drive thru lebih baik lagi,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini agar pemerintah bisa mendapat data akurat secepatnya, jumlah sebenarnya warga Maros yang terpapar Covid-19.

“Takutnya banyak yang terpapar tapi masih berkeliaran, dengan demikian kita lebih cepat untuk melakukan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19,” paparnya.

Apalagi dengan adanya temuan dokter residen positif di RSUD Salewangang Maros.

“Dokter tersebut telah berinteraksi dengan sebanyak 54 tenaga paramedis, sehingga tidak mentutup kemungkinan lahirnya cluster baru, tetapi kita berharap ini tidak terjadi,” tambahnya. (*)

Selanjutnya

UMKM Maros Layak Diberi Kepercayaan Membuat APD

Sab Apr 11 , 2020
Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arief menilai pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang konveksi layak diberi kepercayaan dalam membuat alat pelindung diri (APD). Hal itu disampaikannya usia mengunjungi lokasi pembuatan APD yang diinisiasi oleh ibu-ibu di Bontokapetta II Kelurahan Alepolea Kecamatan Lau Kabupaten Maros, beberapa hari lalu. […]
UMKM Maros Layak Diberi Kepercayaan Membuat APD