Guru Cabul di Maros Divonis 10 Tahun Penjara

Guru Sekolah SD di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros divonis 10 tahun penjara. Guru ini dijatuhi 10 tahun penjara setelah terbukti mencabuli 6 orang siswinya di dalam ruang kelas.

Guru Cabul di Maros Divonis 10 Tahun Penjara
Ilustrasi pencabulan anak.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Maros, Mona Lasisca mengatakan, terdakwa Rudi Samola (60 tahun) sudah vonis 10 tahun oleh Majelis Hakim.

Majelis Hakim yang diketuai Rubianti, menyatakan terdakwa terbukti bersalah dengan melakukan pencabulan secara paksa kepada siswinya.

Meski sejak awal terdakwa bersama penasehat hukumnya menyangkal seluruh dakwaan terhadapnya. Vonis yang dijatuhkan oleh Hakim diakui lebih rendah dari tuntutan Jaksa selama 12 tahun penjara.

Majelis Hakim mempertimbangkan hal yang meringankan terhadap terdakwa, karena belum pernah dihukum dan sudah berusia lanjut.

“Tuntutan kita itu 12 tahun, tapi majelis hakim punya pertimbangan dua itu tadi. Sehingga diputuskan jadi 10 tahun dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara,” ujarnya, mengutip laman Tribun Maros, Jumat (6/3/2020).

Dalam persidangan sebelumnya, terungkap bahwa rata-rata korban masih berusia 10 tahun. Sebagai wali kelas, terdakwa leluasa mengatur ruangan agar aksinya tidak terlihat oleh siswa lain.

Guru ini mengancam korban akan memberi nilai jelek hingga tidak naik kelas, jika tidak turut keinginannya.

“Dari kesaksian korban, ada dipanggil satu per satu lalu disiuruh buka roknya,” kata JPU lainnya, Novita Kristiarini.

Lima korban hanya dipegang oleh pelaku dan satu orang lainnya dilakukan perbuatan cabul.

“Terdakwa ini atur meja agar tidak terlihat langsung,” kata JPU lainnya, Novita Kristiarini.

Kasus pencabulan ini diperkirakan terjadi pada Agustus 2018 dan mulai ditangani oleh penyidik Polres Maros pada pertengahan tahun 2019.

Saat pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Maros, yang berlangsung Rabu 4 Maret lalu, terdakwa Rudi Samola sempat mencoba melakukan aksi bunuh diri dengan melilitkan seikat tali pada lehernya. (*)

Selanjutnya

Satlantas Polres Maros Kampanye Pilkada Damai ke Sopir dan Komunitas Motor

Jum Mar 6 , 2020
Satuan Lalulintas Polres Maros melakukan kampanye Pilkada damai ke sopir dan komunitas motor. Kampanye itu mengajak sopir angkutan umum dan komunitas motor deklarasi Pilkada damai. Hal ini merupakan untuk menciptakan Pilkada Maros 2020 yang damai. Kegiatan ini sebagai bentuk upaya Satlantas Polres Maros dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Maros 2020, yang […]
Satlantas Polres Maros Kampanye Pilkada Damai ke Sopir dan Komunitas Motor