Daeng Macaca Jadi Maskot Pilkada Maros 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros menetapkan Daeng Macaca sebagai maskot Pilkada Maros 2020.

Daeng Macaca Jadi Maskot Pilkada Maros 2020
Peluncuran maskot dan jingle Pilkada Maros 2020.

Maskot menggambarkan sosok Macaca maura, kera hitam endemik Sulawesi yang hidup di Maros. Daeng Macaca mengenakan pakaian adat Bugis Makassar, memegang paku dan kertas yang bertulis; Pilkada Maros 23 September 2020.

Acara peluncuran maskot dan jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros 2020 tersebut berlangsung di wisata kuliner PTB Maros, pada Ahad malam, 1 Maret lalu.

Acara ini Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir, Bupati Maros yang diwakili Kepala Kesbangpol, Towadeng, Wakapolres Maros, Kompol DR H Muhammadong, Dandim 1422 Maros yang diwakili Danramil Bantimurung, Kapten Inf Nono, juga Ketua Bawaslu Maros, Sufirman serta sejumlah tokoh masyarakat Maros.

Faisal Amir menyampaikan sangat mengapresiasi acara acara peluncuran maskot dan jingle Pilkada Maros ini.

“Kita ketahui bahwa Maros ini adalah kabupaten yang menurut catatan kami menjadi daerah dengan pelaksanaan Pemilu paling baik di Sulsel,” ucapnya.

Ketua KPU Maros, Syamsu Rizal menjelaskan bahwa, maskot ini dipilih KPU Maros dari sayembara yang dibuat pada 2019 lalu.

Daeng Macaca menggambarkan sosok Macaca maura, kera hitam endemik Sulawesi yang hidup di Maros. Sosok ini merupakan representasi kehidupan bersosial yang harmonis di Maros.

“Ikon kera yang berpakaian adat Bugis Makassar adalah simbol makhluk yang hidup secara berkawan danĀ  bersosialisasi. Bersama mereka bekerjasama mencapai tempat yang tinggi dengan tetap menjaga adat istiadat saling menghargai sesama,” jelasnya, Rabu (4/3/2020).

Dia berharap melalui maskot ini dapat mengajak masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses kontestasi Pilkada Maros 2020 secara sehat beradat dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. (*)

Selanjutnya

Bawaslu Maros Keluhkan Anggaran Pilkada Belum Cair

Rab Mar 4 , 2020
Bawaslu Maros mengeluhkan anggaran Pilkada yang belum cair. Padahal banyak kegiatan terjadwal yang harusnya sudah berjalan. Bisa saja tidak cairnya anggaran ini menganggu tahapan sosialisasi di Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 di Kabupaten Maros. Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Maros belum mencairkan anggaran sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk […]
Bawaslu Maros Keluhkan Anggaran Pilkada Belum Cair