Penipu Lintas Daerah Dibekuk Polres Maros Setelah 9 Kali Curi Motor

Polres Maros menangkap pelaku terduga tindak pidana penipuan dan penggelapan, Arif, yang beraksi di depan SMP Angkasa Bulubulu Desa Marumpa Kecamatan Marusu Kabupaten Maros pada 1 Desember 2019, tahun lalu.

Penipu Lintas Daerah Dibekuk Polres Maros Setelah 9 Kali Curi Motor
Ilustrasi pelaku kriminal ditangkap.

Dia ditangkap pada Kamis 23 Januari 2020 sekitar, pukul 02.30 Wita di Kelurahan Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.

“Pelaku, mengakui benar telah melakukan penipuan dan penggelapan atas barang bergerak di Maros, Pangkep dan Makassar,” kata Kanit Jatanras Polres Maros, Aiptu Jusman Mattu, melalui media, Rabu (5/2/2020).

Adapun kronologi kejadian, pada Minggu 1 Desember 2019 sekitar pukul 19.00 Wita, terlapor datang ke rumah korban bertamu dan mengaku sebagai keluarga korban. Kemudian menawarkan TV LCD 30 inci senilai Rp 600 ribu.

Pada saat itu pelapor tertarik dengan penawaran tersebut, karena tergolong murah. Terlapor saat itu mengatakan TV disimpan di mobil. Sehingga pada saat itu, pelapor bersama terlapor berangkat untuk melihat TV tersebut.

Namun, saat sampai di depan SMP Angkasa Mandai Maros, terlapor berhenti dan menyuruh korban meminjam motor dan handphone, namun tidak kembali.

Sementara dari hasil interogasi, Arif mengakui telah melakukan aksi pencurian di beberapa daerah di Sulsel.

Polisi mendapatkan informasi terduga pelaku penipuan dan penggelapan satu unit kendaraan sepeda motor, Yamaha Jupiter Mx warna hitam milik korban berada di Kelurahan Panyula Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.

Hingga anggota Jatanras Polres Maros langsung berangkat menuju ke sasaran di Kabupaten Bone dan kordinasi dengan anggota Polsek Tanete Riattang.

“Setibanya di sana anggota gabungan berhasil melakukan penangkapan, terhadap seorang terduga pelaku dan dibawa ke Polres Maros, untuk dilakukan interogasi lebih lanjut,” ujar Kanit Jatanras Polres Maros, Aiptu Jusman Mattu.

Adapun keseluruhan sepeda motor tersebut dijual di Kabupaten Jeneponto, sehingga anggota Jatanras bergerak cepat menuju Kabupaten Jeneponto dan koordinasi dengan Anggota Resmob Polres Jeneponto.

“Iya saat barang bukti, untuk dilakukan pencarian barang bukti dan berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 4 unit sedangkan untuk 5 unit lainnya, masih proses penyelidikan,” ungkapnya.

Adapun barang buktinya berupa, satu unit sepeda motor merk Jupiter MX warna hitam (TKP Maros), satu unit sepeda motor merk Honda Blade warna orange (TKP Jalan Cakalang Makassar).

Satu unit sepeda motor merk Yamaha Mio J warna biru (TKP Pangkep), motor merk Honda Beat hitam putih (TKP Jalan AP Pettarani Makassar).

Satu unit sepeda motor merk Honda Beat warna merah putih (TKP Gowa), tetapi barang bukti belum ditemukan.

Satu unit sepada motor merk Honda Beat warna hitam putih TKP Jl Perintis Kemerdekaan Makassar (BB belum ditemukan). Satu unit sepeda motor merk Yamaha Fino warna coklat TKP Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar (BB belum ditemukan).

Satu unit sepeda motor merk Honda Beat warna hitam TKP Jalan Sanrangan Makassar (BB belum ditemukan). Satu unit sepeda motor merk Suzuki Nex warna biru TKP Jalan AP Pettarani Makassar (BB belum ditemukan).

Sementara pengungkapan kasus ini, terjadi Kamis 24 Januari 2020 sekira pukul 22.00 Wita, berdasarkan keterangan saksi/korban.

Selanjutnya, pelaku beserta barang bukti tersebut dibawa ke posko, Jatanras Polres Maros, untuk dilakukan proses penyidikan. (*)

Selanjutnya

Pemuda Mabuk di Maros Tantang Polisi Berkelahi Karena Ditegur Tak Pakai Helm

Rab Feb 5 , 2020
Sebuah video seorang pemuda yang menantang Polisi berkelahi viral di media sosial (medsos). Setelah ditelusuri, kejadian itu terjadi di depan Markas Polsek Lau Maros, pada Senin 3 Februari lalu. Pemuda itu belakangan diamankan dan menyesali perbuatannya. Kapolsek Lau Maros, AKP Sulaiman, mengatakan kejadian bermula saat pemuda berinisial IN berusia 20 […]
Pemuda Mabuk di Maros Tantang Polisi Berkelahi karena Diteg