Baznas RI Kunjungi Balai Ternak di Salometti Maros

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Baznas Maros melakukan kunjungan ke balai ternak di Dusun Salometti Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.

Baznas RI Kunjungi Balai Ternak di Salometti Maros
Tim Baznas RI saat kunjungi balai ternak di Salometti Maros.

Kunjungan Baznas RI tersebut dilakukan oleh Ajat Sudrajat dan Art Fudlaili Fanuzia, yang didampingi Ketua Baznas Maros, Said Patombongi bersama Mager Haji dan Ilyas Said, beberapa hari lalu.

Said Pattombongi mengatakan, kunjungan ini untuk melihat potensi pengembangan usaha ternak dalam membantu usaha kaum duafa.

Menurutnya, potensi zakat masyarakat Maros masih besar. Selama ini potensi zakat yang dihimpun secara rutin baru dari kalangan PNS.

“Karena itu, diharapkan potensi zakat dapat dihimpun dari sektor pertanian, perdagangan dan lainnya,” ujarnya, Kamis (23/1/2020).

Ustad Andis, sapaan akrab Said Pattombongi, juga menyampaikan bahwa saat ini jumlah dana yang dihimpun Baznas Maros, akhir tahun 2019, yakni sebanyak Rp 3 milyar lebih.

Dana tersebut disalurkan kepada warga penerima zakat atau musthaik. Selain disalurkan dalam bentuk dana, juga berupa bantuan pendidikan dan usaha.

“Selanjutnya akan dikembangkan program ZMart Baznas dengan memberi bantuan kepada kaum duafa yang akan berusaha bidang retail. Mereka akan ditata kiosnya serta diberi pelatihan dan pendampingan,” jelasnya.

Selain itu, saat ini Baznas Maros memiliki sejumlah program andalan, yakni Bidang Sosial yang meliputi Baznas Tanggap Bencana (BTB), Layanan Aktif Baznas (LAB), Rumah Sehat Baznas (RSB), Sekolah Cendikia Baznas (SCB) dan Lembaga Beasiswa Baznas (LBB).

Bidang Ekonomi, meliputi Zakat Community Development (ZCD), Lembaga Program Ekonomi Mustahik (LPEM) dan Baznas Microfinance (BMFI). Bidang Dakwah dan Advokasi yang meliputi Mualaf Center Baznas (MCB). (*)

Selanjutnya

Guru Cabul di Maros Terancam Hukuman Kebiri Kimia

Jum Jan 24 , 2020
Seorang guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros, terancam hukuman kebiri kimia. Oknum guru tersebut, Rudi Samola (60 tahun), didakwa mencabuli sejumlah siswinya. Pelaku mencabuli korban di dalam ruang kelas. Dalam persidangan terungkap, pencabulan terhadap korban rata-rata berusia 10 tahun, dilakukan terdakwa di dalam ruang kelas di depan […]
Guru Cabul di Maros Terancam Hukuman Kebiri Kimia