Granat Maros Sambut Baik Ranperda Penanggulangan Narkotika

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menyerahkan 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke DPRD Maros.

Granat) Maros, Muh Bakri menyambut baik
Pemilihan Duta Anti-Narkotika Maros 2019.

Ranperda tersebut diserahkan untuk segera dibahas menjadi Peraturan daerah (Perda). Penyerahan dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD Maros, pada Senin 13 Januari lalu.

Ranperda tersebut meliputi penanggulangan narkotika, pengelolaan pasar, pengawasan kualitas air minum dan penanggulangan penyakit tubercolosis atau TBC.

Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Maros, Muh Bakri menyambut baik adanya usulan pemerintah untuk pembuatan Perda khusus narkotika.

Hanya saja, dia mengkritisi minimnya upaya nyata pemerintah selama, dalam hal pencegahan penyalahgunaan narkotika.

“Pada dasarnya kami menyambut baik. Kami akan pelajari dulu draft Ranperda tersebut. Seperti apa. Karena selama ini kami juga tidak pernah terlibat dalam penyusunan draft itu. Kita lihat bagaimana pemerintah, khususnya BNK Maros belum memberikan dampak nyata bagi upaya pencegahan narkoba,” ujarnya, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, pemerintah daerah saat ini harus memprioritaskan pencegahan dengan pendekatan yang lebih terukur dan terarah.

Selama ini, sosialisasi anti narkoba yang giat dilakukan oleh masing-masing lembaga, hanya terkesan menggugurkan kewajiban saja.

“Kita tahu, sosialisasi yang dilakukan itu terkesan hanya mengejar program saja dan tidak dilakukan secara terukur dan terarah. Pola kerja yang kita bangun selama ini serampangan saja dan tidak ada ukuran kesuksesannya,” jelasnya.

Dia berharap agar Ranperda yang diajukan bisa mengakomodir peran serta masyarakat, dalam hal pencegahan narkoba di Maros.

Pasalnya, sejak dulu, peran masyarakat terkesan diabaikan. Hal itu membuat upaya pencegahan itu tidak berjalan efektif.

“Kita tetap optimis dengan Ranperda itu, meski kita belum tahu isinya bagaimana. Semoga pelibatan masyarakat bisa terakomodir, agar upaya itu bisa lebih efektif. Selama ini yang kita rasakan itu masyarakat terabaikan perannya,” paparnya. (*)

Selanjutnya

Kodim 1422 Maros Galakkan Tanam Pohon

Jum Jan 17 , 2020
Komando Distrik Militer (Kodim) 1422 Kabupaten Maros menggalakkan penanaman pohon. Hal tersebut ditandai dengan penanaman bibit pohon di halaman Makodim 1422 Maros di Jalan Dr Ratulangi Turikale Maros. Penanaman pohon secara simbolis yang dilakukan pada Kamis kemarin tersebut, diawali dengan apel yang dipimpin Komandan Kodim 1422 Maros, Letkol Inf Farid […]
Kodim 1422 Maros Galakkan Tanam Pohon