Ratusan Warga Lekopancing Maros Dapat Sertipikat Tanah Gratis

Sebanyak 161 bidang tanah mendapat sertipikat gratis dari program redistribusi yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Maros.

Ratusan Warga Lekopancing Maros Dapat Sertipikat Tanah Gratis
Penyerahan sertipikat tanah gratis di Desa Lekopancing Maros.

Bidang tanah tersebut merupakan lahan pertanian. Bupati Maros, HM Hatta Rahman menyerahkan sertipikat tanah tersebut di Desa Lekopancing Kecamatan Tanralili, Kamis 9 Januari lalu.

“Dari 80 desa, hanya Desa Lekopancing yang mendapat sertipikat redistribusi ini. Karena program ini ditanggapi positif oleh masyarakat, maka tahun ini dilakukan pembagian sertipikat gratis diredistribusi,” ujar Hatta Rahman, melalui media, Sabtu (11/1/2020).

Dia menyampaikan, tahun 2019 lalu Desa Lekopancing mendapatkan 250 bidang sertipikat tanah dan akan dilanjutkan di tahun 2020 ini.

Dia berharap dengan adanya sertipikat tanah, bisa lebih memudahkan warga dalam berusaha. Karena mereka bisa menjaminkannya di bank untuk modal usaha. Supaya masyarakat bisa semakin sejahtera dan tingkat kemiskinan bisa berkurang.

Sementara itu Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Kabupaten Maros, Andi Ansyar Kadir mengatakan, penyerahan sertipikat redistribusi ini merupakan yang terakhir di tahun 2019.

“Kita targetkan 250 bidang sertipikat tanah, yang sebelumnya sudah kita serahkan sebanyak 89 bidang dan hari ini kita serahkan 161 bidang untuk warga Desa Lekopancing,” jelasnya.

Desa Lekopancing dipilih karena lokasinya merupakan lahan pertanian. Untuk penerbitan sertipikat redistribusi atau tanah pertanian ini tak dipungut biaya.

“Hanya saja biasanya ada biaya administrasi seperti materai, yang lain tak dipungut,” ungkapnya.

Untuk tahun 2020 ini pihaknya kembali melakukan pembuatan sertipikat tanah redistribusi sebanyak 1500 bidang di Desa Lekopancing. (*)

Selanjutnya

Pria Tewas di Kolam Renang Bukan Karyawan Grand Mal Maros

Sab Jan 11 , 2020
Pihak Grand Mal Maros menyampaikan klarifikasi terkait keterangan pihak Kepolisian tentang peristiwa karyawan yang meninggal dunia. Karyawan asal Pangkep tersebut, meninggal dunia di kolam weaterboom, pada Jumat kemarin. Koordinator Grand Mall Maros, Fajar mengatakan, Muh Qurais Hamjah yang tewas di kolam renang merupakan karyawan Grand Waterboom. “Kami luruskan, Muh Qurais […]
Pria Tewas di Kolam Renang Bukan Karyawan Grand Mal Maros