BPBD Maros Minta Kecamatan dan Desa-Kelurahan Bentuk Posko Siaga Bencana

Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros melaksanakan rapat koordinasi Kesiapsiagaan Bencana bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Maros, serta instansi dan organisasi terkait.

BPBD Maros Gelar Rakor Kesiapsiagaan Bencana
Kepala BPBD Maros, Fadli saat menyampaikan paparan dalam rapat koordinasi Kesiapsiagaan Bencana.

Rakor lintas lembaga itu Bupati Maros, HM Hatta Rahman, didampingi Kepala BPBD Maros, Fadli di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Kamis (9/1/2020).

Fadli menjelaskan, rapat koordinasi Siaga Bencana ini merupakan koordinasi awal setelah dirinya dilantik sebagai Kepala BPBD Maros, serta persiapan sedini mungkin dalam penanganan bencana.

“Kegiatan ini untuk memperkuat koordinasi melalui rapat, agar kemampuan personil dan peralatan sudah jelas untuk kegiatan aktifasi posko komando siaga darurat bencana agar lebih terarah siapa dan berbuat apa,” ujarnya.

Mantan Camat Turikale itu melanjutkan, jika hasil koordinasi ini diharapkan dapat mempersiapkan kesiapan pemerintah di setiap wilayah ketika bencana terjadi.

“Setelah rapat ini ada penguatan kepada masing-masing instansi dan lembaga untuk mempersiapkan segala potensi untuk bergabung pada tim reaksi cepat kabupaten, nantinya. Terutama di kecamatan yang sampai sekarang sudah mengadakan posko bersama di masing-masing kantor, diikuti oleh desa dan kelurahan. Diharapkan dapat berkoodinasi dengan baik terutama dalam pemberian informasi potensi bencana di wilayahnya,” ujarnya.

Rapat koordinasi ini diikuti unsur Basarnas Sulsel, Dandim Maros, Polres Maros, Lanud Sultan Hasanuddin, Kostrad Kariango, DPRD Maros dan organisasi relawan, seperti PMI, Baznas Tangguh Bencana, Pramuka dan lainnya. (*)

Selanjutnya

Ini Dampak Angin Monsun Asia di Maros

Jum Jan 10 , 2020
*BMKG: Angin Monsun yang Akan Lintasi Sulsel Bukan Badai Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengimbau masyarakat tidak panik terhadap fenomena angin monsun. Dikabarkan angin ini akan melintas di Sulasl pada 10-12 Januari 2020. Termasuk berdampak pada cuaca di wilayah Kabupaten Maros. “Fenomena Monsun adalah periodik, yang […]
Dampak Angin Monsun di Maros yang Akan Lintasi Sulsel